Umroh

Pengertian Umroh Sangat Perlu Diketahui

09.30 Unknown


Umroh dalam pengertian secara syar’i berarti mengunjungi kota Mekkah untuk melakukan serangkaian ibadah seperti thawaf dan sa’i. Atau dengan kata lain datang ke Baitullah untuk melakukan umroh atau kunjungan dengan syarat-syarat yang telah ditentukan.

Sedangkan dari segi bahasa, umroh memiliki makna berkunjung atau  dengan sengaja mendatangi tempat yang selalu dikunjungi. Karena mengandung makna mengunjungi tempat dengan sengaja, maka waktunya boleh dilakukan kapan saja tidak seperti ibadah haji yang hanya dilakukan pada bulan Dzulhijjah setiap satu tahun sekali.

Sebagai perjalanan ibadah, umroh memiliki beberapa rangkaian kegiatan yang harus dilakukan sejak sebelum meninggalkan rumah hingga kembali lagi ke tanah air. Nantinya di tanah suci, beberapa kegiatan ibadah umroh yang harus dilakukan  adalah thawaf, sai dan berakhir dengan bertahallul (memotong atau memendekkan rambut). Selebihnya, para jamaah dapat melakukan kegiatan ibadah lain seperti memperbanyak sholat sunnah, berdzikir, dan membaca Al Qur’an.

Ibadah umroh ketanah suci mekkah, saat ini sudah semakin banyak saja yang berminat. Hal tersebut dapat kita lihat bahwa dari tahun ketahun semakin banyak saja para calon jamaah yang melaksanakan ibadah suci ke kota mekkah dan madinah . Apalagi untuk bisa melaksanakan ibadah yang suci ini yaitu umroh umroh, tentu saja biaya yang nantinya harus dibayarkan tidaklah sebesar saat menjalani yang namanya ibadah haji. 

Selain itu juga, yang namanya ibadah umroh ini tidaklah harus menunggu selama bertahun-tahun. Berbeda jika anda harus menjalani yang namanya ibadah haji, yang saat ini pun waktu tunggu yang dibutuhkan bisa mencapai hingga bertahun-tahun. 

Bahkan karena kini Pemerintah dari Arab Saudi membatasi kuota haji, waktu tunggunya pun semakin panjang yang bisa mencapai hingga 40 tahun. Sehingga banyak para kaum muslim yang lebih memilih untuk menjalani ibadah umroh ketanah suci mekkah. Namun sebelum anda pergi ketanah suci mekkah untuk menjalani ibadah umroh, ada banyak hal atau jenis, jumlah dan lainnya yang harus anda persiapkan dengan matang.